BNP2TKI Gelar Rapat Kerja Teknis Tahun 2013

Kepala Biro Perencanaan dan Administrasi Kerjasama Agusdin Subiantoro
Kepala Biro Perencanaan dan Administrasi Kerjasama Agusdin Subiantoro 

Bandung, BNP2TKI, Sabtu (19/1) – BNP2TKI menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) tahun 2013 diselenggarakan di Bandung dari 19-22 Januari 2013.Rakernis BNP2TKI tahun 2013 dibuka oleh Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat. Tema Rakernis adalah ”Konsolidasi dan Peningkatan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI”. Tema tersebut dimaksudkan untuk mengkonsolidasikan sumberdaya, peran dan langkah-langkah strategis yang harus dijalankan dalam tahun 2013 dan kesiapan BNP2TKI di tahun 2014 dalam mengakhiri Rencana Pembagunan Jangka Menengah Nasioanal (RPJMN) tahun 2010– 2014 secara tepat dan terukur.

Kepala Biro Perencanaan dan Administrasi Kerjasama BNP2TKI selaku Ketua Panitia Penyelenggara Agusdin Subiantoro mengatakan BNP2TKI merespon secara serius terhadap persaingan pekerja migran tersebut dengan menyiapkan calon TKI yang berkualitas dan kompeten sesuai dengan permintaan para pengguna (users).

Agusdin mengatakan perkembangan tenaga kerja migran semakin kompleks dan dinamis. Berikut persaingan antar pekerja migran dan negara pengirim juga semakin ketat. Sehingga dibutuhkan upaya yang luar biasa untuk bisa menerobos situasi global itu. Seperti dengan menyiapkan sistem, prosedur, mekanisme, pelayanan yang lebih baik, dan disertai pula dengan peningkatan kepakaran TKI baik soft skill maupun hard skill seperti yang dibutuhkan pengguna atau users di negara penempatan.

Untuk menjawab kebutuhan itu BNP2TKI telah membentuk direktorat baru yakni Direktorat Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas TKLN yang menjadi andalan kita dalam meningkatkan TKI formal, profesional secara terencana dan terukur. Diselenggarakannya Rakernis BNP2TKI Tahun 2013 yang mengambil mempunyai tiga tujuan, pertama, melakukan evaluasi pelaksanaan program, kegiatan dan a nggaran tahun 2012 untuk mendapatkan gambaran hasil-hasil yang diperoleh dan permasalahan yang dihadapi sebagai bahan masukan dalam pelaksanaan tahun berikutnya;

Kedua, pemantapan pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran tahun 2013 untuk mempersiapkan langkah-langkah operasional dan strategis dalam menyelesaikan beban kerja tahun 2013;

Ketiga, menyusun rancangan program, kegiatan dan anggaran tahun 2014 dengan mempertimbangkan beban kerja di akhir RPJMN 2010-2014 dan kegiatan strategis yang menjadi prioritas untuk mempersiapkan pondasi bagi RPJMN 2015-2019.

Agusdin menuturkan, Reformasi birokrasi telah berjalan, tak terkecuali di BNP2TKI. Dalam konsep dasar Reformasi Birokrasi (RB), akan bergerak dalam 8 area perubahan, yakni organisasi, tata laksana, peraturan perundangan, SDM aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik serta pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set).

”Sebagai aparatur kita ingin menggarisbawahi bahwa semua area akan bermuara pada perubahan mind set dan culture set aparatur. Oleh karena itu, perubahan pola pikir dan budaya kerja menjadi titik tolak keberhasilan RB. Terkait dengan ini, apapun yang kita rencanakan dan laksanakan tidak akan berhasil secara optimal apabila aparat kita tidak mau berubah dan inilah yang menjadi kunci keberhasilan RB,” paparnya.

Dalam Rakernis BNP2TKI tahun 2013 ini, lanjut Agusdin, diawali dengan, Arahan Kepala BNP2TKI, Pemaparan Eselon I, Inspektur dan para Kepala BP3TKI serta Diskusi. Pada hari ketiga Rakor ini diacarakan Diskusi Intensif dalam Desk yang dibagi menjadi empat kelompok yang dipimpin oleh para Deputi dan Sestama. Serangkaian pertemuan dalam forum pleno dan desk akan dirumuskan dalam bentuk arahan teknis yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan 2013 dan rancangan program 2014;

Rakornis BNP2TKI tahun 2013 diikuti 250 orang dari jajaran BNP2TKI pusat dan daerah di seluruh Indonesia — yang meliputi 19 BP3TKI/UPTP3TKI, LP3TKI, dan Koordinator P4TKI.(hpp/b)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s